Selasa, 23 Februari 2016

Lombok - Gili Trawangan

Awal tahun 2015 tanpa sengaja aku liat spanduk besar dengan tulisan "Rute Baru Citilink Bandung - Lombok Rp. 549.000" AAhhhhh, ada direct flight Bandung Lombok...!!! (histeris dalam hati) Yyyiipppiieeeeee......

Pelabuhan Senggigi

Kabar menyenangkan untuk travelers karena mulai tanggal 12 Februari 2015 Citilink melayani rute Bandung – Lombok dan menghubungkan Bandara Lombok Praya di Nusa Tenggara Barat dan Bandara Husein Sastranegara di Bandung. Jadi ga usah repot-repot mesti ke Jakarta dulu atau transit dulu di Bali (jika pergi dari bandung).Oke, jadi mulai hunting tiket dan akhirnya aku beli tiket PP 1,2jtan. Seperti biasa aku berangkat dengan abi, kaka ipar dan ponakan. Berangkat akhir bulan Agustus 2015, kami ber4 berangkat dari Husein Sastranegara Airport Bandung dan tiba di Lombok jam 13.45. Setiba disana banyak yang nawarin Rent Car. Cuma aku ga tanya berapa tarif nya, karena aku pake Bus Damri untuk menuju Senggigi. Kenapa pake Dumri? karena murah Airport - Senggigi hanya Rp. 35.000. Counter tiket Dumri ada di sebelah kiri setelah kalian keluar dari airport. Ada Spanduknya ko..Setelah beli tiket, kita menuju Bus yang ada diparkiran. Karena pake public transportation jadi kita bisa berangkat setelah bus penuh. Nunggu setengah jam kemudian kita pun berangkat. Dikira aku, Bus ini langsung ke Senggigi. tapi ternyata mampir dulu ke Terminal nya di Mataram. Aku sempet foto spanduk mengenai Tarif Bus Damri.

Biasanya airport - Senggigi 1jam (aku baca info di blog lain). Tapi waktu aku pergi kira - kira 2jam baru sampe. Mungkin karena sempet ke terminal dulu kali ya. Sebenernya, kita pengennya langsung ke Gili Trawangan. Tapi karena nyampe lombok udah terlalu siang dan itung - itungan waktu kayanya kesorean. Jadilah 1 hari ini kita nginep dulu di Senggigi. Booking via Agoda aku pilih Bumi Aditya Hotel. Hotel ini aku pilih karena cukup murah. Free breakfast, free Wi Fi dan hotel ini dilewatin Bus Dumri :D. Tarif 220.000/malem pake AC. Kalau pake fan itu cuma 180.000. Hotel nya tenar ko jadi tinggal bilang ke supir Damri, mereka udah pada tau. Pas nyampe, hotel ini tidak berada di pinggir jalan. Tapi kita mesti jalan lagi ke dalem kurang lebih 300 meter. Sempet rempong juga dorong - dorong koper hihihihi dan sempet ga yakin 'apa bener kesini arah hotelnya?' Untungnya ada bapa - bapa yang lewat gitu dan bilang "betul bu arah sini" hahahahah fiuhhhh.... Oh nya sering - sering cek agoda,booking atau web hotel lainnya untuk dapetin harga disc. Lumayan banget.

Bumi Aditya Hotel

Menurut aku Bumi Aditya Hotel lumayan bersih, view nya bagus dan ada kolam renang juga. Yang kurang dari hotelnya staff nya kurang ramah (mungkin ga semua staff), breakfast nya ga enak. Pilihan breakfast yang aku dapet ada nasi goreng (nasi masih mentah), mie goreng (biasa aja), pancake (bau anyir telor) dan roti bakar. Paling aman ya makan roti bakar. Tapi dengan harga murah, ya wajar juga sih kalau ada yang kurang. Jadi, kalau hanya untuk tidur aja, hotel ini lumayan ko... murah meriah. Hari kedua kami ber4 langsung menuju Gili Trawangan. Sebelumnya kita udah deal dengan staff hotel untuk di antar ke Pelabuhan Bangsal menuju Gili T. Tapi dia ngasih penawaran lain yaitu dengan tarif 800.000 kita di antar ke Pelabuhan Senggigi menuju Gili T dan snorkeling dulu di Gili Meno dan Gili Air. Ya udah akhirnya kita ambil paket itu. Dan ternyata dari Pelabuhan Senggigi - Gili T jauhhh eeeaaaa.... ada kali 1 jam. mabokkkkk lauttt...

Gili Meno

Gili Air
Pertama kita snorkeling di Gili Meno. Ombaknya aga besar airnya pun aga kotor. Kurang bagus menurut aku. Kemudian snorkeling di Gili Air. Disini ombaknya lumayan tenang airnya juga jernih, bagus deh. Terumbu karangnya bagus banget. Setelah puas snorkeling (kaka ipar mabok laut donk karena dia nunggu di kapal hihihi) akhirnya kita menuju Gili Trawangan.

Saya jatuh cinta sama hotel di Trawangan ini yang nama hotelnya Le Perite Beach Club.. Kenapa? konsep hotelnya lucu. Seperti rumah boneka Barbie (menurut saya) dengan perpaduan cat biru laut dan putih. Mereka buka cabang baru di Trawangan yang sebelumnya Hotel ini ada di Nusa Ceningan Bali. Kebetulan juga waktu aku booking via Agoda hotel ini lagi discount. Aku pilih kamar Bunk Bed (kasur bertingkat) bisa untuk 4 orang total 2hari total 1.2jt, free breakfast, free Wi Fi. Hotel ini letaknya lumayan jauh dari pelabuhan Trawangan. Jadi mesti pake cidomo/andong dengan tarif 150.000. Mahal banget ya... padahal standarnya 100.000. Alesannya sih karena kopernya gede-gede #hahhh alesannnnn. Oh ya, di Trawangan tidak boleh ada kendaraan bermotor. Transportasi yang digunakan disini hanya sepeda dan cidomo. Akhirnya kita sampe di Hotel ini.... ssukkkaaakkkk....

Kamar Hotel

Hotel Le Pirate Recommended banget. Staff nya ramah, homey, kamar bersih dan nyaman, wi fi kenceng dannnn breakfast nya luar biasa. Ketika aku booking ternyata aku bayar untuk breakfast prasmanan kaya standar hotel gitu kan, nah ternyata pas aku kesana breakfastnya diganti dengan breakfast minimalis gitu (seadanya). So, tiap breakfast kita bisa order apapun di menu... alhamdulillah rejeki anak sholeh #dancing.... Kekurangannya kalau mau cari makan susah. Karena lokasi hotel yang jauh dari pusat keramaian di Trawangan. Tapi kalau buat aku sih lokasi nya oke banget, karena aku emang cari yang jauh dari keramaian. Sunyi, senyap dan krik krikk suara jangrik. Jadi untuk mensiasati makan siang dan malam (ga mungkin donk kita beli di hotel. Mahal getoooloohh) jadilah kita bekal nasi rames yang kita beli deket harbor hahahahaha. Kan murmer cuma 15-20 aja sebungkus dan enak lagi. Hati senang perut kenyang.

Hari ketiga kita menikmati indahnya trawangan dengan sewa sepeda 50.000 seharian. Pasirnya putih, ombaknya tenang, udaranya seger.... alhamdulillah, bersyukur aku sempet mampir ke Trawangan.

Pantai depan hotel

Trawangan Harbor

perut sensor :p

Gili Gelato 20rb aja

Hari keempat hari terakhir disini hikss... yahh mesti packing dan siap - siap ke pelabuhan menuju Pelabuhan bangsal. Beli tiket kalau ga salah 15/20rb (lupaaa pastinya) dengan jarak tempuh 15 menit tapi lumayan bikin kaka dan ponakan mabookkk lagiii hahahhaha. Nah sebelumnya aku udah janjian dengan staff dari Hotel Bumi Aditya (orang yg sama waktu nganterin dr senggigi - trawangan) karena kita mau mampir dulu buat beli oleh - oleh dan ke desa Sukarara untuk membeli kain tenun Khas Lombok. Tapii aku lupa nama dan tarifnya berapa (maafkan aku yang pelupa ini hiks).

Desa Sukarara

Di Desa Sukarara, para perempuan ga bisa nikah sebelum bisa bikin tenun. Harganya juga variatif antara 200.000 - 700.000. Motifnya baguss baguss bangettt....

Sebetulnya masih banyak tempat keren banget di Lombok. Waktu 4 hari 3 malam ga akan cukup untuk eksploitasi  semua daerah wisata di NTB. Masih banyak gili - gili lain yang keren dan indah. Menurutku kalau mau wisata pantai lebih baik ekploitasi pantai di Indonesia dulu sebelum ke Luar Negeri. Itu Penting!!!!